Tentang Pearl Jam Dalam Hidup Saya

AgungHN – Pearl Jam, untuk yang merasakan masa remaja dan besar di tahun 90’an pasti mengenal band ini. Salah satu dewa GRUNGE yang menjadi panutan banyak band dan orang yang  pada tersebut, termasuk juga diri saya.

Pertama kali mendengar pada saat masa SMP sekitar tahun 1993 – 1994 dengan secara tidak sengaja. Pada saat itu sedang euforia GRUNGE, dan saya sangat mengidolai Nirvana ketika itu. Dan ketika berukunjung ke rumah seorang teman, dia memutar lagi Black dari album TEN.

Awalnya memang berbeda dengan Nirvana yang saat itu sedang saya “gilai”, masih belum terlalu masuk di telinga. Sampai beberapa waktu kemudian di tempat yang sama, dia memutar lagu GO, saya teringat secara reflek langsung bilang “enak nih lagu”. 😀

Dan sejak itu saya mulai rutin mendengarkan band ini, sampai memburu album kasetnya. Ketika memasukin masa kuliah di tahun 1999 – 2000, semakin menjadi kegilaan terhadap Pearl Jam ini. Ditambah bertemu beberapa rekan kuliah yang juga sesama pencinta band ini.

Pearl Jam Dalam Hidup Saya

Pada masa inilah saya mulai memahami lirik dari lagu Pearl Jam, yang menurut saya mewakili apa yang saya rasakan pada saat itu. Mengingat saat itu masa kuliah diluar kota yang jauh dari keluarga, dan pertama kalinya tinggal sendiri. Tentu yang mengalami hal tersebut mengerti apa yang saya maksud.

Pearl Jam Black Frame
Pearl Jam

Lagu I Got Id punya lirik yang cukup dalam ketika saya dengar ribuan kali beberapa tahun belakangan ini. Bahkan dalam satu hari bisa hanya lagu tersebut saja yang saya dengarkan.

And I fought back in my mind
Never lets me be right
I got memories, I got shit
So much it don’t show

Dan ketika mendengar lagu tersebut sekarang ini, langsung teringat era awal tahun 2000-an lalu. Tapi ya anggap saja itu bagian dari masa lalu saya. Banyak lagu dari Pearl Jam yang seolah mencerminkan kehidupan saya, dan pasti juga banyak orang lainnya.

Ini sama seperti ketika saya mendengarkan lagu Plastik, band Indonesia era 90’an juga yang salah satu influencenya adalah Pearl Jam.

Baca juga: Tentang Lagu Plastik – Rahasia

Saya sendiri bukan fans aktif, dalam arti yang mengkoleksi semua hal tentang Pearl Jam. Karena yang saya miliki sekarang hanya beberapa buah kaos dan album dari band ini.

Tetapi saya memiliki kebanggaan pribadi tersendiri, ketika menamai anak pertama dan kedua dengan nama tengah Vedder. Yang meskipun awalnya sempat diragukan oleh istri (yang tidak mengerti musik), dan akhirnya terkabulkan.

Pearl Jam Vedder Nugroho
Kartu Keluarga

Dan Pada Akhirnya

Mungkin untuk yang baru pertama kali mendengarkan Pearl Jam akan kesulitan untuk bisa menikmati. Mungkin hanya sedikit saja yang suka pada pendengaran pertama. Karena memang lagu mereka bukanlah lagu komersil yang bisa mudah untuk dinikmati begitu saja saat pertama mendengar.

Namun disinilah uniknya, karena begitu sudah suka, akan seterusnya dapat menikmati musik yang mereka buat dan mainkan. Mungkin yang tidak sengaja membaca tulisan ini dan belum pernah mendengarkan, bisa mencobanya sekarang.

Alive
Alive

Pada playlist harian saya, entah di kendaraan atau di laptop, ada 3 lagu Pearl Jam yang sudah wajib saya dengarkan, yaitu:

  • I Got Id
  • Corduroy (Live Version)
  • Just Breathe

Ketiga lagu ini sih luar biasa tidak membosankan, malah untuk lagu Just Breathe bisa untuk menyadarkan diri kita mengenai hidup. Lirik yang dalam dan kena sekali, dan benar sangat tidak membosankan.

Setiap orang yang mengidolai band ini memiliki alasan tersendiri, dan memiliki lagu favoritenya juga. Dan saya berani berkata, setiap lagu yang menjadi favoritenya pasti karena ada sesuatu hal atau makna terhadapt hidupnya.



Banyak sekali yang ingin saya tulis mengenai band ini dalam kehidupan saya, hanya saja bingung mengeluarkan apa yang ada di kepala. Karena terlalu banyak yang ingin ditulis, mungkin saya akan cicil sedikit demi sedikit untuk tulisan ini.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan Tentang Pearl Jam Dalam Hidup Saya ini. Saat sudah menemukan kata yang tepat, akan saya update kembali.

Leave a Comment

error: Content is protected !!