Telur Rebus Untuk Kesehatan Dan Manfaatnya

Telur rebus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pada tubuh. Telur sendiri dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi.  Merebus adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat telur yang optimal.

Telur mengandung protein, vitamin, kalsium, karbohidrat, kolin, fosfor, serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Vitamin D yang terkandung dalam telur rebus bisa membuat tulang dan gigi kuat.

Manfaat Telur Rebus

Mnegkonsumsi telur rebus lebih sehat dibandingkan dengan yang digoreng. Apalagi jika dengan bumbu tambahan seperti garam, micin, dan perasa lainnya.

Namun sayangnya banyak yang tidak terlalu suka yang direbus, karena rasanya yang hambar dan sedikit berbau amis. Berikut adalah sebagian manfaat dari telur rebus.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Telur rebus menghasilkan lemak baik, yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak ini bisa menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak baik tersebut juga mengatur insulin dalam darah dengan batas yang sehat, terutama pada orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam satu telur ayam rebus mengandung 7,0 mcg vitamin B9. Selain itu, kandungan asam aminonya bisa mendorong metabolismenya hingga 80-100 kalori.

Manfaat telur rebus untuk anak juga sangatlah bagus apalagi mereka yang aktif berkegiatan di luar rumah. Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda sehingga mengurangi penyerapan kolestrol dini.

Kesehatan Mata

Kuning telur rebus merupakan sumber dari dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Keduanya bersama-sama memerangi radikal bebas berbahaya yang menumpuk di mata dan dapat memicu timbulnya katarak serta menurunkannya penglihatan seiring bertambahnya usia.

Membantu Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah, di dalam sel darah merah mengandung senyawa yang disebut dengan hemoglobin.

Hemoglobin ini berfungsi untuk mengikat oksigen yang ada dalam sel darah merah, nantinya oksigen ini akan disalurkan ke seluruh organ dalam tubuh termasuk otak. Maka orang yang menderita anemia ini akan terlihat pucat, sering pusing, pandangan kabur dan mudah lelah.

Salah satu cara alami untuk mengobati penyakit anemia ini, maka dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi telur rebus setiap hari. sebab di dalam telur rebus mengandung zat besi yang cukup tinggi dan dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

Zat besi ini dapat memperbaiki kinerja senyawa hemoglobin dan memproduksi sel darah merah dalam jumlah cukup.

Baca juga: 13 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Kesehatan Rambut dan Kuku

Selain untuk kecantikan kulit, telur rebus bermanfaat untuk rambut dan kuku. Telur rebus mengandung belerang cukup tinggi dan merupakan sumber vitamin D.

Kandungan mineral dan antioksidan dalam makanan ini juga akan membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.

Ada berbagai macam manfaat lainnya yang bisa di dapat dengan mengkonsumsi telur rebus ini.

Efek Samping

Semua hal yang digunakan serta dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik. Begitu pula halnya dengan telur rebus, jika di konsumsi berlebihan akan ada efek sampingnya.

Efek samping jika mengkonsumsi berlebihan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kolesterol
  • Rentan terserang bisul
  • Menambah Berat Badan
  • Risiko Diabetes
  • Ketidakseimbangan Hormon
  • Menimbulkan Jerawat
  • Menimbulkan alergi

Ada baiknya mengkonsumsi pada saat pagi hari atau ketika sarapan. Mengkonsumsi sebelum tidur juga memberikan manfaat lainnya.

Demikian informasi mengenai manfaat telur rebus untuk kesehatan, semoga dapat membantu.

* dikutip dari berbagai sumber

Leave a Comment

error: Content is protected !!