SEOPress: WordPress SEO Rookie Terbaik

AgungHN – Sampai saat ini untuk plugins WordPress SEO masih di dominasi oleh Yoast dan AIO, dengan puluhan juta penggunanya (termasuk blog ini sebelumnya). SEOPress hadir sebagai alternatif dengan fitur yang tidak kalah lengkapnya, dan yang utamanya adalah lebih ringan.

Tampilan backend untuk plugins ini, menurut saya juga lebih modern, dan terstruktur rapi, meskipun tergolong lebih muda dibandingkan dengan Yoast dan AIO, tetapi pengguna dari plugin ini tergolong bertambah dengan pesat.

Fitur SEOPress WordPress SEO

Fitur standar yang sudah umum pada plugins WordPress SEO, juga terdapat pada SEOPress versi gratisnya, untuk versi PRO sendiri lebih lengkap lagi, namun saya tidak akan membahas untuk versi PRO.

Untuk fitur yang tersedia pada versi gratisnya sendiri antara lain:

  • Custom title & meta
  • Sitemap (XML/HTML/Image)
  • Social network
  • Google anaytics
Custom title dan meta SEOPress
Custom title dan meta

Dan untuk WordPress SEO ini terdapat pilihan untuk setiap fiturnya, plugin ini juga bisa untuk mengedit Robots.txt dan .htaccess, lebih mudah digunakan, khususnya bagi pemula seperti saya, karena informasinya juga jelas.

Fitur SEOPress free version
Fitur versi gratis

Pada sitemap juga bisa untuk memilih untuk menggunakan XML, HTML, Images, atau hanya salah satu saja, plugins ini terintegrasi juga dengan Google Analytics, dan pada settingan advance ada beberapa fitur yang tersedia. Seperti menghapus url /category/, dan bahkan untuk menyembunyikan Genesis metabox bagi pengguna theme Genesis.

Pada bagian Social Networks tersedia pilihan untuk memasukkan profil dari 10 layanan sosial media, dan juga untuk mengisi layanan Google Knowledge Graph, serta pengaturan dari Facebook dan Twitter metadata (pada PRO version tersedia untuk Dublin Core metadata).

SEOPress Social Networks
SEOPress Social Networks

Apabila ingin bermigrasi dari Yoast atau AIO, sudah tersedia menu import post dan terms metadata, sehingga tidak harus menulis ulang satu persatu untuk title dan metanya. Dokumentasi juga tersedia pada website resmi plugin SEOPress Free Version.

SEmua fitur tergolong lengkap untuk WordPress SEO versi gratis, dan untuk yang PRO sendiri jauh lebih lengkap lagi. Biaya untuk versi PRO sendiri adalah $39 untuk unlimited website, dan upgrade selama 1 tahun, namun jika hanya untuk sekedar mencoba, cukup versi gratisnya saja terlebih dahulu.

Kesimpulan akhir SEOPress untuk WordPress SEO

Untuk pengguna WordPress di Indonesia, memang belum terlalu familiar, karena memang baru sekitar satu tahunan lebih saja dirilis. Walau memang tidak populer seperti Yoast ataupun AIO, sampai saat tulisan ini dibuat, pengguna keseluruhannya sudah lebih dari 7000 website lebih.

Kesimpulan akhir dari SEOPress untuk Wordpress SEO ini adalah layak untuk digunakan, karena memiliki fitur yang cukup lengkap, dan mudah digunakan. Saya sendiri sudah mencoba plugin ini pada beberapa website lainnya, dan dampaknya juga memuaskan.4


Update – 17 September 2019

Ada salah satu website saya yang menggunakan SEOPress Pro, yang fiturnya jauh lebih lengkap dengan kemudahan penggunaan. Dengan harga yang mirip dengan AIO SEO Pack, jauh sekali perbedaannya, yang lebih bagus. Bahkan sangat jauh lebih lengkap fiturnya dibandingkan dengan AIO.

Setting untuk versi Pro ini juga mudah, hanya tinggal mengikuti seperti biasanya saja. Dan sudah ada pengaturan untuk Dublin Core (yang saya sendiri sebenarnya tidak terlalu mengerti dampaknya terhadap ranking Google).

Dan sejauh ini untuk rank dari web tersebut tidak mengecewakan, meskipun faktor utamanya bukan dari plugin ini. Tetapi setidaknya ada pengaruh yang cukup lumayan, termasuk plugins yang tidak memberatkan juga.

Update – 2 Oktober 2019

Saat ini saya sedanng membandingkan antara SEOPress Pro dengan Rank Math. Kalau dari segi biaya jelas lebih unggul Rank Math karena gratis tetapi sangat lengkap. Namun dari segi Google Rank masih dalam perbandingan.

Sampai sejauh ini diantara beberapa web saya yang menggunakan kedua plugins SEO ini masih unggul SEOPress. Dalam beberapa kata kunci untuk yang mendapatkan posisi di Google masih lebih baik yang menggunakan SEOPress.

Tapi tentu bukan faktor utama ya, tetapi juga karena faktor lainnya. Tetapi secara tidak langsung untuk plugins yang digunakan sedikit banyak memberi andil.

Untuk yang menggunakan Rank Math pada salah satu keywords juga menunjukkan posisi yang bagus. Dan saya sendiri sekarang sudah mulai meninggalkan Yoast untuk semua web saya, beralih ke SEOPress dan Rank Math.

Berikutnya akan saya update hasil terbaru dari perbandingan kedua plugins WordPress SEO ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!