Sejarah Ember dan Gentong Kayu

AgungHN – Sejarah penggunaan gentong kayu bermula sekitar 2000 tahun yang lalu, atau tepatnya pada zaman Kekaisaran Romawi. Bangsa Romawi mulai menggunakan gentong kayu pada abad ke-3, berawal dari terbukanya hubungan Dagang dan Militer dengan Bangsa Galia (Anda ingat film Asterix dan Obelix?), dimana Bangsa Galia telah menggunakan gentong kayu atau barrel kayu selama beberapa abad.

gentong kayu murah
Gentong Kayu

Bagi para pedagang yang berani memberikan biaya packing lebih pada waktu itu, gentong kayu adalah pilihan utama sebagai wadah packing untuk komoditi seperti minyak, anggur/wine, koin emas, serta barang-barang komoditi lainnya.

Sejarah Ember dan Gentong Kayu

Bentuk packing yang lebih murah pada waktu itu adalah tas dan peti kayu, namun kedua jenis packing tersebut tidak kokoh, serta lebih sulit menanganinya.

Sebagai contoh, untuk berat yang sama, packing tas dan packing peti lebih sulit membawanya dan memerlukan tenaga serta biaya ekstra lagi untuk tukang angkut. Sedangkan gentong kayu dapat dengan mudah digelindingkan dan juga lebih kuat tentunya

Seiring berkembangnya industri pengepakan, barrel kayu perlahan mulai ditinggalkan. Jenis-jenis packing baru-pun bermunculan, seperti packing berbahan plastik, dan baja, yang lebih ringan, namun juga kuat.

Penggunaan ember dan gentong kayu yang tetap berlanjut sampai saat ini adalah sebagai wadah fermentasi anggur/wine, karena telah dipercaya selama berabad-abad bahwa penggunaan jenis kayu yang tepat, semakin lama semakin meningkatkan kwalitas wine yang disimpan didalam barrel kayu.

Penggunaan hasil kerajinan ini yang cukup kolosal adalah digunakan sebagai senjata, bom, bahan peledak, DINAMIT!!! Dimana barrel kayu yang kosong diisi penuh dengan bubuk mesiu dan sumbu.

Sejarah Ember dan Gentong Kayu

Di Amerika Serikat, Inggris dan beberapa negara lainnya, barrel kayu juga pernah digunakan sebagai wadah minyak bumi, dan bahkan menjadi satuan ukur volume minyak mentah, dimana volume standard minyak mentah atau produk petroleum lainnya pada waktu itu adalah 42 galon AS (atau 158,987 Liter). Penggunaan unit tersebut berasal dari ladang minyak Pennsylvania, dan telah disepakati oleh pedagang Amerika dan Inggris pada waktu itu.

Kini, gentong kayu atau barrel kayu masih tetap digunakan hingga saat ini dalam suasana yang berbeda. Karya legendaris berusia lebih dari 2000 tahun ini, kerap menjadi penghias dekorasi Restoran, Kafe, Bar, Hotel, Wedding/Pernikahan, Pesta, Pameran, dan berbagai macam aplikasi dekorasi lainnya.

Barrel Kayu
Barrel Kayu

Semua tempat/acara yang disebutkan diatas memiliki satu tujuan, yaitu menghadirkan kesan/nuansa VintageRetroRustic, dan itu berhasil. Karena gentong kayu telah melewati berbagai peradaban, berbagai fungsi yang menopang jalannya roda kehidupan berjalan hingga kini.

Sekarang coba anda ingat-ingat lagi, saat anda menyaksikan film Pirates of the Caribbean yang dibintangi Oom Johnny Depp, atau film epic The Hobbits, ya, film-film sukses tersebut menggunakan barrel kayu untuk memperkuat kesan kolosal, epic, vintage, atau apapun istilah yang menggambarkan masa lalu. Karena memang gentong kayu sangat mewakili kesan masa lalu.

Gentong kayu dalam film The Hobbits
Gentong kayu dalam film The Hobbits

Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan Gentong Kayu sebagai pemeran utama karya dekorasi anda, yang mewakili peradaban ribuan tahun, Mulai dari Kekaisaran Romawi, era Bajak Laut, Cowboy Amerika, Perkebunan Wine di Perancis, dan masih banyak lagi kisah yang tergambar oleh hadirnya barrel kayu untuk dekorasi ini. Gentong kayu, saksi peradaban yang tak lekang oleh waktu.

Sumber: Gentong Kayu

Leave a Comment

error: Content is protected !!