Review Rank Math WordPress SEO Plugins

AgungHN – Sebelumnya, saya bukan ahli dalam hal SEO atau WordPress. Jadi untuk review Rank Math ini berdasarkan yang saya coba-coba sendiri. Mungkin apabila ada yang salah dalam penulisan saya nantinya, mohon dimaklumi. 🙂

Untuk blog ini saya sendiri masih menggunakan SEOPress, tetapi mayoritas pada web saya yang lainnya sudah menggunakan Rank Math. Jadi hanya untuk perbandingan kinerja secara pribadi saja, untuk tau perbedaan satu dengan yang lainnya.

Saya sendiri juga sebelumnya menggunakan Yoast dan AIO, yang kemudian perlahan saya alihkan. Mengingat fitur premium mereka itu ada di versi free dari SEOPress dan Rank Math yang full free.

Review Rank Math WordPress SEO Plugins

Plugins WordPress SEO ini menurut saya salah satu yang terlengkap untuk saat ini, apalagi dengan status free alias gratis. Fitur premium yang ada di Yoast sudah ada disini, seperti contohnya Local SEO.

Interface buat pengaturannya juga jelas, permenu dengan detail satu persatu saat konfigurasi. Semua fitur umum yanga ada pada plugins SEO lainnya lengkap disini. Dan pengaturan Sitemap kalau dibandingkan dengan Yoast jauh sekali, karena lebih detail.

Rank Math Menu
Rank Math Menu

Secara garis besar, untuk fiturnya:

  • SEO analysis
  • WooCommerce SEO
  • XML sitemap
  • OpenGraph mark-up
  • 404 monitor
  • AMP and local SEO
  • Google search console Integration
  • External/Internal Link Counter
  • Redirection
  • keyword optimization
  • Rich snippets
  • Breadcrumb navigation
  • Data Importer from Yoast & All in One SEO
  • Role Manager

Google Search Console Integration

Yang keren menurut saya salah satunya integrasi Google Search Console. Ini yang belum ada di plugins lainnya, dan lumayan lengkap serta detail juga.

Google Search Console Integration
Google Search Console Integration

Mulai dari keywords yang masuk, lalu click, impression, sampe posisi, serasa punya mini analytics. Dan menghubungkannya juga gampang, sama seperti plugins lain aja.

Local SEO

Ini yang tidak semua WordPress SEO plugins ada, malah kalo di Yoast harus bayar lagi. Walaupun di WordPress repository ada, tapi dalam bentuk plugins terpisah, tidak jadi satu.

Nah di Rank Math sudah ada untuk fitur ini, dan kalau mau ditampilkan di halaman atau post, tinggal pasang shortcode nya aja.

Local SEO
Local SEO

Baca juga: SEOPress: WordPress SEO Rookie Terbaik

Focus Keywords

Ini juga salah satu menu yang ada, sebenarnya menurut saya untuk patokan ketika menulis aja. Bukan hukum pasti untuk menaikkan rank Google. Fitur ini lumayan membantu, khususnya untuk yang baru belajar seperti saya.

Dan ketika menulis keywords disini, akan muncul seperti LSI Suggestion. Jadi ada saran pilihan keywords yang banyak muncul di pencarian search engine Google.

Focus Keywords
Focus Keywords

Automate Image SEO

Dan ini salah satu yang lumayan membantu, ada menu pilihan untuk image SEO. Jadi kalo alt tag atau title pada gambar tidak ada, plugins ini yang langsung mengisi.

Kalau di SEOPress juga ada fitur ini, jadi saat upload image, uda langsung terisi kolom alt, title, description, sampai caption. Sedangkan di Rank Math ketika image di publish pada post dia terisi seandainya kita luput.

Automate Image SEO
Automate Image SEO

Rich Snippet

Fitur ini sebenarnya sudah umum, bahkan plugins terpisah juga banyak di WordPress repository. Tapi tidak perlu repot di Rank Math, dan tergolong lengkap untuk Rich Snippet nya.

Rich Snippet
Rich Snippet

Penilaian Akhir Rank Math SEO

Secara keseluruhan sih menurut saya ini plugins enak buat digunakan di WordPress. Pada web saya yang menggunakan plugins ini juga ada kenaikan pada beberapa keywords. Meskipun plugins ini bukan faktor utamanya, tetapi dibandingkan dengan yang sebelumnya masih lebih baik.

Dan saya rasa jargon yang banyak ditulis sebagai Yoast Killer sih lumayan benar adanya. Karena memang fiturnya sendiri lebih lengkap, dan tidak memberatkan loading.

Artikel lainnya: Migrasi Genesis Ke GeneratePress WordPress Theme

Makanya tidak mengherankan juga banyak yang memberikan penilaian positif untuk plugins ini diluar sana. Lebih banyak nilai lebihnya dibandingkan dengan plugins WordPress SEO lainnya.

Dan menurut saya pribadi, memang layak benar untuk digunakan untuk website dengan base WordPress. Meskipun untuk blog ini saya sendiri masih setia dengan SEOPress versi Pro.

Saya rasa demikian untuk review Rank Math WordPress SEO Plugins ini, semoga dapat membantu. Jika ada yang salah, mohon dikoreksi. 🙂

Leave a Comment

error: Content is protected !!