Pie: Sistem Operasi Android Terbaru Google

AgungHN – Seperti diketahui, akhirnya Google meluncurkan sistem operasi Android terbarunya, yang kemudian diketahui memiliki julukan “Pie”.

Dibandingkan dengan pendahulunya, untuk sistem OS Android ke 9 ini memiliki beberapa pembaruan di dalamnya.

Beberapa fitur terbaru yang terdapat dalam Android Pie ini yaitu:

1. Gestur Navigasi

Android telah menggunakan tiga tombol standar navigasi di bagian bawah layar selama ini. Di Pie, ada alternatif dengan menggunakan navigasi berbasis gesture swiping.

Untuk tombol elips di tengah berfungsi seperti tombol Home pada ponsel umumnya, yang kembali membawa ke layar home.

2. Adaptive Battery

Menggunakan kecerdasan buatan (AI), melacak penggunaan aplikasi, yang meliputi waktu pemakaian digunakan.

3. Editing Screenshot

Android Pie masih dapat mengambil screenshot dengan cara menahan tombol power dan volume down secara bersamaan, fitur untuk edit screenshot akan muncul pada halaman preview.

4. Smart Notifikasi

Notifikasi adalah kebutuhan dari smartphone, di Android Pie, untuk notifikasinya akan lebih baik lagi, mampu menampilkan gambar dari aplikasi chatting, serta langsung membalas reply.

5. App Time Limit

Ini fitur yang menunjukan berapa lama waktu yang dihabiskan pada satu aplikasi, dan selain itu dapat mebatasi penggunaan aplikasi tersebut setiap harinya.

Ini sama seperti memberi limit pada satu aplikasi, yang kemudian setelah limit tersebut habis akan ada pemberitahuan, namun repotnya, jika tetap ingin kembali ke aplikasi tersebut, maka harus di atur lagi ke setting/pengaturan, dan mereset batas waktu penggunaan.

Ada beberapa fitur tambahan lain yang cukup bagus pada sistem operasi Android Pie ini, dan cukup membantu penggunaan smartphone.

Leave a Comment

error: Content is protected !!