Perbedaan Mesin Digital Printing Indoor Dan Outdoor

Ada banyak perbedaan mesin digital printing indoor dan outdoor, baik dari segi harga jual maupun kemampuannya. Kedua jenis printer besar ini banyak digunakan pada bidang jasa digital printing.

Meskipun secara garis besar untuk bahan yang dapat di cetak keduanya sanggup pada bahan yang sama. Tetapi dari segi efisiensi serta hasil print yang lebih maksimal bisa berbeda. Itu sebabnya masing-masing memiliki peruntukan sendiri yang lebih sesuai.

Dari segi harga jual printernya sendiri juga cukup jauh berbeda, begitu juga dengan harga tintanya. Berikut akan dituliskan untuk perbedaan dari kedua jenis printer besar tersebut.

Perbedaan Mesin Digital Printing Indoor Dan Outdoor

Printer Indoor Ecosolvent
Printer Indoor Ecosolvent

Untuk jenis mesin digital printing indoor memiliki lebar area cetak yang rata-rata mencapai 1,8 meter. Tintanya sendiri menggunakan tinta ecosolvent. Jenis printer ini kebanyakan difungsikan sebagai mesin printing sticker.

Bisa juga untuk print pada bahan lain seperti albatros atau flexi dengan hasil yang bagus. Untuk harga mesinnya berada di kisaran 100 jutaan, itu untuk produk asal China. Sedangkan brand Jepang mulai dari 150 jutaan.

Kalau harga tinta ecosolvent dari mesin digital printing ini sendiri mencapai 330 ribu untuk perliternya. Dan itu untuk 1 warna, membutuhkan 4 warrna CMYK dalam pengoperasiannya.

Printheadnya sendiri ada beberapa pilihan, seperti Epson DX5, XAAR, atau XP600. Kecepatan cetaknya mulai dari 8 m2/jam hingga 15 m2/jam.

Perbedaan Mesin Digital Printing Indoor Dan Outdoor

Mesin digital printing Xuli
Printer Outdoor

Sedangkan untuk mesin digital printing outdoor ukuran lebar area cetaknya mencapai 3,2 meter. Jenis tinta yang digunakan pada printer ini adalah tinta solvent. Kalau printernya lebih sering difungsikan sebagai mesin cetak banner.

Kecepatan printer ini dibandingkan dengan printer indoor tadi masih jauh lebih baik. Bahkan kecepatan etaknya bisa mencapai 120 m2/jam. Ada juga yang bisa mencapai 240 m2/jam kecepatannya.

Tinta solvent pada mesin digital printing outdoor harganya mencapai 630 ribu pergalon. Untuk 1 galon tintanya sendiri berisi 5 liter. Jadi secara cost produksi masih lebih murah dibandingkan dengan printer indoor.

Pilihan untuk printheadnya sendiri ada beberapa macam, diantaranya:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Seiko
  • Dll

Beda printhead maka beda juga hasil print serta kecepatan cetaknya. Untuk yang digunakan saat ini adalah printer yang menggunakan printhead Konica 512i. Kalu harga printernya sendiri mulai dari 265 jutaan.

Tabel Perbedaan

Spesifikasi Printer Indoor Printer Outdoor
Printhead
  • Epson DX5
  • XAAR
  • XP600
  • Toshiba
  • Dll
  • Konica 512
  • Konica 512i
  • Konica 1024i
  • Polaris
  • Dll
Max. Print Size 1,8 meter 3,2 meter
Ink Type Ecosolvent Solvent
Speed Up to 15 m2/jam

*depending on printhead type

Up to 240 m2/jam

*depending on printhead type

Ink Prize Up to 330 rb/liter Up to 630 rb/galon (5 liter)

Untuk kecepatan cetak tergantung dair jenis printhead yang digunakan. Karena beda printhead maka beda juga untuk kecepatannya. Lalu untuk harga hanyalah kisaran kasarnya saja. Beda merk tentu saja beda harga jual.

Begitu juga untuk harga dari tintanya, karena setiap supplier memiliki kebijakan harga jual yang berbeda.

Penutup

Piliha penggunaan antara mesin digital printing indoor atau outdoor ini disesuaikan dengan kebutuhan. Serta juga tujuan arah pasar penggunaannya. Mengingat dari segi kemampuan juga berbeda.

Jika lebih banyak untuk cetak banner pada bahan flexi, maka akan lebih baik jika menggunakan printer outdoor. Karena selain ukuran yang sesuai, juga cost produksi yang lebih murah.

Tetapi jika akan lebih banyak untuk melakukan print pada bahan sticker, maka lebih sesuai dengan printer indoor. Karena hasil cetaknya yang lebih bagus. Mengingat bahan sticker lebih sering dilihat dari jarak pandang dekat.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin digital printing indoor dan outdooor. Semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!