Cara Optimasi Sitemap Dan Fungsinya Pada SEO

Format sitemap dalam website terbagi 2, yaitu XML dan HTML. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi berbeda peruntukannya. Dan biasanya kedua format yang tetap dibuat serta digunakan para pemilik dan pengelola website.

Sitemap termasuk yang wajib digunakan jika ingin mengoptimasikan website. Khususnya untuk XML, karena sitemap XML memberitahu mesin pencari seperti Google halaman yang ada di website. Baik itu struktur, dan jumlah halamannya.

Kemudian sitemap ini juga memberitahu kepada mesin pencari mengenai halaman mana saja yang lebih penting, dan seberapa sering website diperbarui. Sedangkan untuk sitemap HTML lebih ke arah informasi untuk pengunjung.

Kedua sitemap tersebut juga membantu search engine dalam mengindeks website yang bersangkutan. Dan ini tentu menjadi benefit bagi pemilik website, ketika terjadi update atau perubahan cepat terindeks oleh search engine.

Sitemap Pada WordPress

Pada CMS Wordpess, untuk membuat sitemap sangat mudah sekali, baik itu XML ataupun HTML. Banyak plugin tersedia untuk CMS ini, tinggal memilih yang sesuai, jadi tidak perlu dibuat secara manual. Seperti contohnya plugin Google XML Sitemaps.

Plugin SEO seperti Rank Math atau Yoast sendiri juga sudah ada fitur untuk sitemap XML ini. Untuk plugin SEOPress juga tersedia fitur sitemap XML dan HTML.

Proses setting dari sitemap ini juga mudah, tinggal mengikuti langkahnya saja. Atau jika tidak mau membuat settingan sendiri, bisa dengan menggunakan settingan default bawan dari plugin tersebut.

Setelah sitemap dibuat, bisa langsung segera di submit ke Google Search Console, namun sebelumnya harus memverifikasi kepemilikan website terlebih dahulu. Selain melakukan submit pada Google, juga dilakukan hal yang sama pada Bing.

Jika pada website juga memiliki banyak gambar, maka disarankan untuk membuat sitemap image. Dan pada WordPress sendiri juga sudah tersedia plugin tersebut.

Sebagai catatan, para expert menyarankan untuk tidak memasukkan Tags dan Author ke dalam sitemap. Sedangkan untuk kategori masih diperlukan.

Baca juga: Apa Itu SEO?

Penutup

Sitemap merupakan salah satu elemen penting dalam SEO. Tidak hanya meningkatkan user experience, tetapi juga mempercepat indekx dan crawler dari mesin pencari seperti Google.

Karena mesin pencari sendiri lebih suka website yang memiliki sitempat dibandingkan dengan yang tidak. Untuk itu maka sitemap memang mutlak untuk dibuat pada setiap website.

Demikian informasi mengenai optimasi sitemap ini, semoga dapat membantu.

Leave a Comment

error: Content is protected !!