Migrasi Genesis Ke GeneratePress WordPress Theme

AgungHN – Akhirnya, setelah bertahun-tahun menggunakan theme Genesis, per-hari kemarin saya memutuskan migrasi ke GeneratePress. Dengan berbagai faktor dan pertimbangan ditambah melawan rasa malas karena berarti harus setting theme dari awal lagi.

Belum lagi harus adaptasi ulang dengan fitur sama pengaturan tampilannya, yang tentu jadi pelajaran baru lagi. Bukan hanya themes saja, tapi saya juga mengganti plugin Yoast dengan SeoPress versi Pro (akan ditulis dalam artikel yang berbeda).

Tapi segala sesuatu memang perlu dicoba, walaupun sebenarnya saya nyaman dengan Genesis, namun sepertinya GeneratePress lebih menjanjikan. Itu menurut saya aja lho, opinin pribadi berdasarkan pandangan saya sendiri.

Alasan Migrasi Genesis Ke GeneratePress

Ada beberapa pertimbangan saya kenapa migrasi Genesis ke GeneratePress theme ini, salah satunya adalah soal kecepatan loading. Ketika saya bandingkan sendiri dengan browser dan koneksi yang sama, lalu pada halaman artikel yang sama juga. Ternyata untuk GeneratePress sedikit lebih cepat, mungkin antara 1 – 2 detik. (Maaf tanpa gambar, ga sempet capture)

Selain itu juga untuk GeneratePress saat awal saya lihat lebih simple dan clean, dan theme ini juga free alias gratis. Tapi walau themenya gratis, untuk lebih powerfull ternyata ada fitur premium (module) yang berbayar $49.95, dan module ini lumayan vital menurut saya.

GeneratePress Premium
Module GeneratePress Premium

Namun utamanya saya sebenarnya tertarik sama SEO dari GeneratePress, ini yang agak membuat penasaran. Karena beberapa kali saya coba browsing sesuatu, mayoritas web yang saya klik itu ternyata pake themes ini. Meskipun memang bukan faktor utama dari Google Rank, tetapi menurut saya ada sedikit pengaruhnya.

Genesis themes menurut saya juga bagus, apalagi untuk SEO, karena selama beberapa tahun pake, ada beberapa keywords saya yang masuk rank. Cuma entah kenapa ada rasa penasaran sama GeneratePress yang bikin saya jadi berubah haluan.

Alasan lain yang membuat saya memutuskan migrasi ini karena ga sengaja lihat blog dari Irvan Taufik. Karena saat saya browsing sesuatu, langsung muncul blognya, dan setelah dilihat ternyata menggunakan GeneratePress. Dan mengingat isi blognya juga banyak membahas tentang SEO.

Baca juga: SEOPress: WordPress SEO Rookie Terbaik

Setting GeneratePress

Kalau mau dibilang lengkap sih sebenarnya untuk theme GeneratePress ini juga fiturnya tidak terlalu lengkap. Karena saya sendiri masih pake plugin Shortcode Ultimate untuk tampilan depannya. Meskipun ga 100% lengkap, tapi cukup untuk membuat blog sederhana seperti blog ini.

Awalnya memang agak sedikit kesulitan saat mau setting theme ini, karena ternyata berbeda jauh sama Genesis Child yang tinggal pake. Karena untuk GeneratePress kalo mau sesuai yang di mau, ada beberapa settingan yang perlu pembelajaran dulu. Dan untungnya banyak sekali tutorial soal pembahasan pengaturan themes ini.

Element Generatepress Theme
Element GeneratePress

Kalo mau pake tampilan bawaan sih gampang aja kok, tinggal pakai tanpa banyak setting ini itu. Yang repot itu kalo mau sesuai keinginan, karena ada beberapa plugins yang harus di install juga. Contoh seperti saya yang kemudian install plugins WP Show Post.

Untuk yang Premium ada juga menu Site Library, disini ada pilihan tampilan yang sudah jadi dan tinggal pasang aja. Nantinya cuma tinggal import aja, uda langsung berubah semua tampilan sama isinya (catatan: Backup settingan dulu kalo mau import).



Cuma memang pilihannya masih belum banyak, sampai tulisan ini dibuat baru ada 28 pilihan. Kalo niat mau bikin sendiri bisa pake plugin semacam Elementor atau Beaver Builder aja.

Saya sendiri lebih memilih Shortcode Ultimate, karena kebutuhannya juga ga banyak. Paling plugin tambahan lain semacam WP Featherlight sama GP Social Share, plugins lainnya ya standar sesuai kebutuhan aja.

Selanjutnya nanti akan coba saya tulis cara setting GeneratePress pada blog ini yang sangat sederhana.

Genesis Dan GeneratePress

Saya mau lihat dalam beberapa waktu ini setelah perubahan theme apakah ada pengaruh terhadap Google Rank. Akan saya update setelah ada hasilnya untuk beberapa tulisan yang saya buat.

Secara keseluruhan sih saya lebih suka sama tampilan sederhana dari GeneratePress di blog ini. Lebih clean dan simple, loading juga lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Pengaturan di Customize juga lebih lengkap dari Genesis themes.

Site Library GeneratePress
Site Library

Selanjutnya tinggal menunggu aja apa ada perubahan sama Google Rank blog ini. Mengingat saya juga bukan ahli, hanya senang buat coba-coba aja sambil belajar.

Sekian dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk baca blog Migrasi Genesis ke GeneratePress Theme ini.

Leave a Comment

error: Content is protected !!