Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

AgungHN – Jenis mesin digital printing indoor termasuk yang populer digunakan, mungkin hampir di setiap penyedia jasa digital printing sudah menggunakan printer ini. Meskipun memang tidak sebanyak dari pengguna printer outdoor.

Ada banyak brand dari jenis printer ecosolvent ini, mayoritas yang digunakan merupakan brand asal China dan Jepang. Ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri, baik dari segi daya tahan, hasil cetak, maupun dari harga jual printer tersebut.

Kalau dari segi hasil cetak secara kasat mata tidak berbeda terlalu jauh, bahkan nyaris tidak terlihat. Namun dari segi cost produksi masih lebih murah untuk produk asal China, bahkan selisihnya cukup jauh.

Mesin digital printing indoor China

Brand asal China untuk mesin digital printing indoor ecosolvent ini banyak penggunanya, karena memang harga jualnya yang jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan brand asal Jepang. Begitu juga dengan harga dari tintanya itu sendiri.

Printer ecosolvent ini lebih banyak digunakan untuk print pada bahan sticker, dan itu sudah sangat umum, meskipun bisa juga untuk cetak pada jenis bahan lainnya. Selain dari bahan sticker, juga untuk print pada bahan seperti albatros atau luster, yang biasanya digunakan untuk membuat x-banner, dll.

Mesin Digital Printing Indoor
Printer Indoor Ecosolvent

Printhead untuk jenis mesin digital printing ini juga ada beberapa macam, dan mayoritas menggunakan printhead Epson. Disamping dari printhead Epson, juga ada printhead Toshiba, XAAR, Panasonic, serta beberapa merk lainnya.

Namun untuk saat ini, yang banyak digunakan selain printhead Epson adalah printhead XAAR, karena hasil cetaknya yang lebih bagus, dan juga lebih cepat. Hasil print lebih halus, dan memiliki masa pakai yang lebih lama untuk printheadnya.

Mesin digital printing indoor Xuli

Xuli merupakan brand asal China, yang juga memproduksi jenis mesin digital printing indoor, tersedia printer yang menggunakan printhead Epson, ataupun XAAR. Memiliki daya tahan yang baik, serta kinerja yang lebih stabil, apalagi pada saat melakukan proses print.

Harga dari printer indoor Xuli juga cukup bersaing, untuk yang menggunakan printhead Epson berada di kisaran 105 jutaan, sedangkan yang menggunakan printhead XAAR berada diangka 125 jutaan. Harga tinta untuk printer Xuli juga cukup bersaing, mulai dari 350 ribuan untuk 1 liternya.

Mesin digital printing Xuli di Indonesia sudah tersedia service center resminya, sehingga untuk kebutuhan pelayanan support dan aftersales, dapat terlayani dengan baik. Populasi pengguna dari brand ini juga termasuk yang paling banyak.

Xuli X6-1880

Mesin Digital Printing Xuli
Xuli

Ini adalah salah satu mesin digital printing indoor Xuli yang paling laris dan banyak digunakan di Indonesia. Menggunakan printhead Epson DX5 dengan tinta ecosolvent yang memiliki kualitas bagus.

Banyak dipilih pada penyedia jasa digital printing karena stabil dalam melakukan proses cetak. Hasil print juga bagus hingga font ukuran kecil sekalipun. Lebar area cetaknya sendiri mencapai 1,6 meter dan tanpa batasan panjang bahan yang ingin dicetak.

Spesifikasi:

  • Type: X6-1880
  • Max. Print Width: 1800 mm
  • Printing Resolution: 1440 DPI
  • Color: 4 Colors CMYK
  • Printhead: Single Epson DX5
  • Speed: (2 Pass – 15 m2/h) // (4 Pass – 12 m2/h) // (8 Pass – 9 m2/h)
  • RIP Software: Maintop
  • Media Heater: Post & Pre Heater
  • Power: 220 V (600 watt without heater)
  • Printer Dimension: L. 2656 mm x H. 1260 mm x W. 700 mm
  • Net Weight: 300 Kg

Baca juga: Printhead Epson dan XAAR pada printer indoor

Xuli X6-1880XE

Untuk tipe ini berbeda pada penggunaan printheadnya, karena menggunakan XAAR 1201 Industrial. Hasil print lebih halus dengan kecepatan cetak yang juga sedikit lebih baik.

Spesifikasi:

  • Type: X6-1880XE
  • Max. Print Width: 1800 mm
  • Printing Resolution: 1440 DPI
  • Color: 4 Colors CMYK
  • Printhead: XAAR 1201 Industrial
  • Speed: (4 Pass – 22 m2/h) // (6 Pass – 16 m2/h) // (8 Pass – 11,5 m2/h)
  • RIP Software: Maintop
  • Media Heater: Post & Pre Heater
  • Power: 220 V (600 watt without heater)
  • Printer Dimension: L. 2656 mm x H. 1260 mm x W. 700 mm
  • Net Weight: 260 Kg

Penutup

Apabila berniat untuk membeli jenis printer ecosolvent, apapun merk dari printer tersebut, agar di cek terlebih dahulu untuk reviewnya. Bisa browsing melalui Google mengenai pendapat para pengguna printer yang dimaksud, atau bisa dilihat melalui Youtube.

Akan lebih baik lagi untuk melihat langsung demo mesin tersebut kepada penggunanya. Jadi bisa dilihat pada saat printer tersebut melakukan proses produksi. Sehingga tidak salah dalam memilih brand, karena tidak sedikit juga brand yang memiliki kualitas kurang baik.

Printer Ecosolvent Xuli
Printer Ecosolvent Xuli

Dengan melihat langsung pada saat melakukan produksi, maka akan terlihat jelas kualitasnya. Dan juga bisa bertanya langsung pada penggunanya mengenai kelebihan serta kekurangan mesin tersebut secara fair.

Mesin digital printing indoor di Indonesia memang ada banyak brand yang tersedia, itu sebabnya harus dipastikan kualitas dan kemampuannya, serta layanan aftersales, agar tidak kesulitan pada saat nanti dibutuhkan.

2 thoughts on “Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent”

    • Kalo mesin indoor sebagian besar bagus kok, tapi kalo bicara soal murah ya jelas produk China, selisihnya jauh sama merk Jepang.

      Ada beberapa merk China yang lumayan banyak dipake, mungkin kalo posisi ada di Jakarta bisa main-2 ke daerah Kalibaru, mayoritas pakenya produk China.

      Kalo dari segi hasil print agak sulit dibedain produk China sama Jepang, secara kasat mata lho tanpa liat printernya.

      Daya tahan mesin untuk kerusakan juga relatif, mau merk apapun kalo operatornya ga rajin bersih dan rawat sih dijamin cepet rusak.

Leave a Comment

error: Content is protected !!