Mesin CNC Beserta Keterangan Jelasnya

AgungHN – CNC sendiri merupakan singkatan dari Computer Numerical Control yaitu mesin yang digunakan untuk proses manufacturing. CNC machining center sendiri merupakan salah satu jenis mesin cnc yang banyak digunakan dalam proses manufacturing.

CNC Machining center dapat melakukan proses machining apa saja, misalnya proses drilling, milling, boring, tapping, serta beberapa proses lainnya. CNC Machining center memiliki dua tipe yaitu, tipe vertical dan horizontal.

Unsur Penting Pada Machining Center Mesin CNC

Linear Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara linear. Umumnya mesin machining center mempunyai 3 sumbu linear, yaitu X,Y dan Z axis. Pergerakan dari 3 sumbu tersebut adalah orthogonal.

Rotation Axis, merupakan sumbu yang bergerak secara rotary (berputar). Pergerakan putar bisa di lakukan 1⁰ , untuk mesin Machining center tipe terbaru bisa di gerakkan 0.1⁰ . sedangkan kepresisian gerakan rotari axis umumnya 0.001⁰

Automatic Pallet Change (APC) 
APC merupakan singkatan dari Automatic Pallet change. Artinya penggantian pallet di lakukan secara otomatis. Untuk proses APC, harus ada 2 pallet, 1 pallet berada di dalam mesin cnc dan yang lain ada di luar mesin.

Untuk pallet yang berada di luar mesin di gunakan untuk memasang dan setting benda kerja yang belum di proses, sedangkan pallet yang ada di dalam mesin di gunakan untuk memproses benda kerja.

Baca juga: Mesin Laser Cutting Terlengkap

Cutting Tool

  • Cutting tool adalah alat atau perkakas yang di gunakan untuk membentuk proses machining.
  • Drill (mata bor)
  • Tap
  • Cutter
  • Milling
  • End Mill

Magazine Tool, merupakan tempat parkir cutting tool. Semua cutting tool yang di gunakan dalam proses pada machining center di simpan dalam magazine ini.

Spindle, merupakan alat pemegang cutting tool untuk melakukan proses. Spindle dapat di putar sesuai dengan yang di inginkan, namun kecepatan maksimal putaran sesuai dengan spek dari motor spindle yang di gunakan.

Contoh spindle mesin cnc: 3,2 kw, 9 kw, dll.

ATC arm, berfungsi untuk proses pergantian tool, dimana arm mengambil cutting tool yang ada di magazine dan Tool yang ada di Spindle di taruh ke magazine.

Proses pergantian tool dapat di lakukan secara manual, MDI (Manual data Input) maupun secara otomatis yang di sebut dengan istilah ATC (Automatic Tool Change).

Automatic Tool Change, sebagai penggantian tool secara otomatis, proses ATC secara simple adalah sebagai berikut:

  • Magazine menyiapkan tool yang akan di pindahkan ke area spindle.
  • Arm ATC mengambil tool dari magazine dan meletakkan tool tersebut ke spindle.
  • Jika pada spindle sebelumnya terdapat tool, maka tool yang ada di spindle di pindahkan ke port magazine sesuai dengan alamat sebelumnya.

Lubrication System, pada suatu proses machining sistem pelumasan adalah bagian yang sangat penting , system pelumasan yang baik sangat membantu mengurangi breakdown mesin akibat ke-aus-an pemakaian.

Sistem lubrikasi otomatis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan “cara manual pelumasan” sehingga lebih mudah dipantau dan lebih aman.

Baca juga: Mesin Grafir CNC Atau Laser Cutting?

Mesin CNC Router

CNC Router Kayu

Mesin CNC router tersedia berbagai macam jenis, dengan tujuan penggunaannya masing-masing. Yang paling populer digunakan adalah jenis CNC woodworking. Seperti namanya, peruntukkan pengerjaan mesin ini kebanyakan pada material bahan kayu.

Sebenarnya tidak hanya untuk bahan kayu saja mesin ini dapat digunakan, tetapi pada bahan lainnya juga. Seperti contohnya pada bahan GRC, foam board, acrylic, dll.

Pada penyedia jasa CNC sendiri lebih banyak mengerjakan kayu untuk bidang desain interior. Juga tentu saja untuk industri mebel, membuat ukiran dan grafir dengan berbagai macam pola.

Ada juga jenis CNC marble yang dapat dipergunakan untuk pengerjaan pada bahan keras dan padat seperti granit atau marmer. Proses kerjanya sama dengan woodworking, hanya ada sedikit perbedaan fitur dari mesinnya itu sendiri.

Harga jual dari mesin ini sendiri lebih beragam, mulai dari 90 jutaan, tergantung dari ukuran serta fiturnya. Salah satu merk yang dikenal memiliki kualitas yang bagus adalah ACUT.

Ada berbagai jenis dari mesin cnc dengan kemampuannya masing-masing. Jika berminat untuk membeli, agar diperhatikan terlebih dahulu tujuan pengerjaannya. Sehingga sesuai dengan kemampuan yang dimiliki mesin tersebut.

Leave a Comment

error: Content is protected !!