Tips Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading sebuah website menjadi faktor yang diperhitungkan oleh Google dalam memunculkan ranking atas pada hasil pencarian. Ini adalah salah satu faktor di dalam SEO, sehingga harus diperhatikan dengan benar.

Apalagi jika yang dikelola adalah jenis toko online atau ecommerce, tentu kecepatan loading yang lambat berpeluang membuat website ditinggalkan pengunjung. Dan ini berarti juga membuat peluang mendapatkan profit menjadi berkurang.

Membuat loading website menjadi lebih cepat sebenarnya gampang-gampang susah. Mengingat ada beberapa hal yang harus dilakukan pada website. Agar kecepatan website tersebut menjadi lebih maksimal.

Cara Mempercepat Loading Website

Untuk mempercepat proses loading website ada banyak cara untuk dilakukan. Jika semua dilakukan dengan benar, maka kecepatan loading bisa mencapai 40% – 60% lebih cepat.

Dan semakin cepat maka nilai lebih dimata mesin pencari seperti Google. Serta tingkat kepuasan pengunjung yang bisa mendapatkan kesan bagus. Ini bisa memberikan perluang mendapatkan traffic yang tinggi.

Berikut ini akan coba saya tuliskan beberapa tips untuk mempercepat loading pada website yang dikelola.

Baca juga: Apa Itu SEO?

Menghapus Plugin

Jika menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, atau lainnya agar menghapus atau menon-aktifkan plugin yang tidak terlalu berguna. Untuk plugin ini berbeda nama jika menggunakan Drupal atau Joomla.

Plugin dapat memiliki dampak yang besar untuk kecepatan website, karena bisa memberatkan pada saat melakukan loading. Gunakan plugin yang memang diibutuhkan oleh website yang dikelola.

Pada dasarnya memang plugin bisa membantu untuk website, tetapi jika harus mengorbankan kecepatan sangat disayangkan saja. Untuk itu pilih yang memang benar-benar berguna saja.

Optimasi Gambar

Gambar pada konten atau website dengan dengan berat yang cukup besar memiliki dampak yang sangat berpengaruh untuk kecepatan website. Contoh, gambar dengan berat 1 mb atau lebih dapat membuat loading menjadi berat.

Untuk itu buatlah seringan mungkin gambar tersebut, namun tanpa membuat kualitasnya menjadi jelek. Pada CMS WordPress sudah banyak plugin untuk mengoptimasikan gambar. Untuk blog ini saya menggunakan WP Smush.

Ingat, yang dimaksud disini adalah berat dari gambar, bukan ukurannya.

WP Smush Free
WP Smush

Ukuran Gambar

Ukuran gambar juga dapat memberi dampak pada kecepatan loading website. Gambar dengan ukuran besar bisa sangat mempengaruhi kecepatan loading dari website yang dikelola.

Sebagai contoh, gambar dengan ukuran 1000 x 1000 px tentu berbeda kecepatan loadingnya dibandingkan yang berukuran 400 x 400 px. Jika masih memaksa ingin menggunakan gambar dengan ukuran besar, buat saja link.

Ukuran gambar yang ditampilkan berukuran kecil saja, tetapi ada link pada gambar tersebut menuju ke gambar aslinya. Jadi ketika gambar berukuran kecil tersebut di klik, maka gambar aslinya akan muncul.

Plugin Cache

Plugin Cache juga dapat meningkatkan performa kecepatan website. Pada WordPress ada banyak tersedia plugin cache secara gratis. Namun untuk cache ini biasanya hanya berpengaruh pada repeat visitor, atau pengunjung yang datang kedua kali dan seterusnya.

Contoh, ketika pertama kali mengunjungi sebuah situs atau website akan terasa lambat loadingnya. Tetapi ketika kemudian berkunjung lagi pada website yang sama akan terasa lebih cepat. Ini adalah karena pengaruh dari cache itu tadi.

Biasanya browser Chrome juga menyimpan cache dari situs yang pernah dikunjungi. Dan pada CMS juga tersedia plugin untuk melakukan hal tersebut, jadi tidak bergantung pada browser yang digunakan.

Kalau saya sendiri menggunakan plugin LiteSpeed Cache.

LiteSpeed Cache
LiteSpeed Cache

CDN

CDN atau Content Delivery Network juga dapat mempercepat loading website secara signifikan. Namun untuk melakukan konfigurasi CDN ini juga memang sedikit sulit, dan membutuhkan pengetahuan.

CDN akan menyimpan file dari website, dan kemudian mendistribusikan ke jaringan server berbeda di seluruh dunia. Contoh, ketika ada pengunjung dari Jerman, maka akan dilayani dari server terdekat di Jerman, bukan dari Indonesia.

Themes / Template

Gunakan themes yang memiliki kecepatan bagus dan tidak terlalu banyak kode (kode yang bersih). Themes yang tidak terlalu banyk kode css yang tidak perlu dapat mempercepat loading website.

Namun mengenai themes ini tidak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah banyak themes yang mengoptimasikan kecepatan. Baik untuk themes berbayar maupun yang gratis. Salah satu contoh themes gratis dengan speed yang bagus adalah GeneratePress.

Hosting

Hosting yang bagus juga memiliki pengaruh dalam kecepatan loading sebuah website. Semua optimasi di dalam website akan terkesann sia-sia jika tidak di dukung oleh hosting yang bagus. Bagus disini bukan berarti mahal, tetapi memiliki resource yang mumpuni.

Saya sendiri pernah mengalami ini, ada salah satu website yang saya kelola berada pada hosting yang ternyata tidak bagus dalam hal kecepatan. Pada pilihan paket dari penyedia jasa hosting tersebut tidak dicantumkan keterangan jelas seperti hardware yang digunakan.

Pemilihan menggunakan jasa hosting disini menurut saya cukup vital, dan tidak hanya dari kapasitasnya saja yang dilihat. Ada beberapa penyedia hosting yang murah tetapi menggunakan hardware yang bagus. Yang pada akhirnya berpengaruh pada kecepatan loading website yang di host oleh penyedia hosting tersebut.

Minify Javascript dan CSS

Melakukan hal ini juga dapat mempercepat kinerja dari website. Namun perlu hati-hati melakukannya, karena jika salah bisa membuat tampilan website menjadi berantakan.

Melakukan minify ini mudah saja, pada plugin WordPress sendiri sudah banyak yang menyediakan fitur untuk melakukan minify. Jadi tidak perlu mengotak atik kode di dalam website tersebut.

Baca juga: Manfaat SSL Untuk SEO

Kesimpulan dan Penutup

Ada beberapa cara lagi untuk mempercepat loading sebuah website, tetapi kurang familiar dan agak sedikit rumit. Cara diatas adalah yang banyak digunakan secara umum oleh para pemain SEO.

Sebagai saran, untuk melakukan semua hal tersebut diatas, ada baiknya untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Jadi jika nantinya terjadi kesalahan atau error, bisa dikembalikan seperti sebelumnya.

Secara garis besar, menurut saya semakin cepat loading sebuah website, maka semakin baik. Tidak hanya dilihat dari sisi SEO saja, tetapi juga pengalaman pengguna. Sehingga bisa meningkatkan traffic kunjungan ke situs yang dikelola.

Demikian tips untuk mempercepat loading website ini, semoga dapat membantu dan menambah ilmu. Salam.

Leave a Comment

error: Content is protected !!