Mengenal Jenis Bahan Digital Printing

AgungHN – Jenis bahan digital printing ada banyak sekali jenisnya, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang bagus dicetak dengan printer indoor, dan ada yang lebih cocok jika menggunakan printer outdoor.

Pada dasarnya untuk bahan yang akan di tulis ini bisa dicetak dengan printer indoor maupun outdoor. Tetapi agar lebih maksimal akan dibedakan berdasarkan kesesuaian jenis bahan dengan printernya. Karena nantinya akan berpengaruh terhadap harga jualnya serta cost produksinya.

Jenis Bahan Digital Printing
Bahan Printing

Jenis bahan Digital Printing Indoor

Berikut ini adalah jenis bahan digital printing yang pengerjaannya akan lebih sesuai jika menggunakan printer indoor ecosolvent. Karena berpengaruh dari hasil cetak terhadap bahan tersebut, yang umumnya dilihat dari jarak dekat.

Bahan Sticker Vinyl

Bahan jenis ini halus, tipis dan berwarna putih atau putih gading. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang di kaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya. Dan lebih ke arah permukaan datar untuk pemasangannya.

Serat dari bahan ini halus dan tipis, cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY / FLOOR GRAPIK supaya hasilnya lebih memuaskan.

Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 127 cm, 152 cm. Bahan ini ada juga yang dicetak dengan menggunakan printer outdoor, terutama untuk stripping kendaraan besar seperti bis.

Bahan Sticker Transparan

Bahan jenis ini halus, tipis dan transparan. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan.

Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 125 cm, 150 cm.

Bahan Albatros

Bahan jenis ini halus, tipis dan mengkilap. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dengan ditambahkan hasil finishing.

Seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90 cm, 125 cm, 152 cm.

Bahan Luster

Bahan jenis ini agak kasar, lumayan tipis dan mengkilap. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster. Bahan jenis ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) tidak perlu ditambahkan hasil finishing.

Seperti laminating DOFF / GLOSSY karena seratnya yang kasar laminating tidak akan dapat menempel pada permukaanya. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90 cm, 127 cm, 152 cm.

Bahan Sticker Blockout

Bahan jenis ini halus, tipis dan berwarna hitam pada bagian perekatnya. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca, acrylik, triplek, di mobil dan lain sebagainya yang pada permukaan datar.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan.

Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 125c m, 150 cm.

X Banner Standar
X Banner Dengan Albatros

Bahan Sticker Oneway

Bahan jenis ini halus, tebal dan permukaanya bolong-bolong. Umumnya dipakai untuk mencetak pengunaan sticker yang terpasang dikaca dan sejenisnya yang berbentuk transparan.

Bahan jenis ini seratnya halus, tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90cm, 105 cm, 125 cm dan 150 cm.

Bahan Glossy Paper

Bahan jenis ini halus, tebal dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Poster dan Foto. Bahan jenis ini seratnya halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor).

Dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90 cm, 125 cm, 150 cm.

Bahan Flexi Backlite China

Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan, bagian belakang seratnya agak kasar. Umumnya dipakai untuk mencetak Neon Box, Sign Board yang terpasang di depan lampu penerangan.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor).

Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan Flexi Backlite Korea

Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar dan berwarna kebiru-biruan. Umumnya dipakai untuk mencetak Neon Box, Sign Board yang terpasang di depan lampu penerangan.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan Flexi Backlite Jerman

Bahan jenis ini halus, tebal dan agak transparan. Bagian belakang seratnya agak kasar dan berwarna putih. Umumnya dipakai untuk mencetak Neon Box, Sign Board yang terpasang di depan lampu penerangan.

Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai 250 s/d 300 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan Canvas

Bahan jenis ini agak kasar, tipis dan berwarna putih kekuning-kuningan. Umumnya dipakai untuk mencetak foto maupun media-media cetakan yang berbentuk poster. Bahan jenis ini seratnya agak kasar dan tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor).

Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 125 cm, 150 cm.

Artike lainnya: Mesin Digital Printing Dan Jenisnya

Bahan Clotch

Bahan jenis ini seperti kain permukaannya halus, sangat tipis. Umumnya dipakai untuk mencetak Bendera, . Bahan jenis ini seratnya halus dan sangat tipis cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor).

Bahan Duratrans

Bahan jenis ini halus, tebal dan transparan. Umumnya dipakai untuk mencetak media Neon Box. Bahan jenis ini seratnya halus dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor).

Dengan ditambahkan hasil finishing seperti laminating DOFF / GLOSSY supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 105 cm, 125 cm, 150 cm.

Bahan PVC

Bahan jenis ini kasar dan tebal. Bagian belakang seratnya halus. Umumnya dipakai untuk mencetak X-Banner, Y-Banner, I-Banner, Roll Up Banner, Mini X-Banner dan Poster maupun Foto. Bahan jenis ini seratnya kasar dan tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor).

Gramasi yang umum dipakai standar PVC Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 90 cm, 125 cm, 150 cm.

Bahan Mesh

Bahan jenis ini kasar, tebal dan permukaanya bolong-bolong. Umumnya dipakai untuk mencetak Backdrop. Bahan jenis ini seratnya kasar, tebal cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) dan diluar ruangan (Outdoor).

Gramasi yang umum dipakai standar. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220 cm, 250 cm, 320 cm.

Baca juga: Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Jenis Bahan Digital Printing Outdoor

Ini adalah jenis bahan digital printing yang penggunaannya lebih banyak dengan printer outdoor atau solvent. Karena hasil cetaknya lebih banyak untuk dilihat dari jarak pandang yang jauh. Selain itu ukuran lebar bahannya juga sesuai dengan lebar area cetak printernya.

Bahan Flexi Murah
Bahan Flexi

Bahan Flexi China

Bahan jenis ini agak halus dan agak tipis. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner, Wallpaper, Backdrop, Billboard, maupun Backwall.

Bahan flexi jenis ini seratnya agak halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai 230 s/d 400 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220 cm, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan Flexi Korea

Bahan jenis ini agak kasar agak tebal. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-Umbul, X-Banner, Roll Up, Y-Banner, I-Banner, Photowall, Mini X-Banner, Backwall maupun Wallpaper.

Bahan jenis ini seratnya agak kasar agak tebal dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor). Gramasi yang umum dipakai 230 s/d 350 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Bahan Flexi Jerman

Bahan jenis ini lumayan kasar dan halus, dan bahannya ini juga lumayan tebal dari yang lainnya. Umumnya dipakai untuk mencetak Spanduk, Baliho, X-Banner, Mini X-Banner,  Roll Up, Y-Banner, I-Banner.

Bahan jenis ini seratnya lumayan kasar dan halus dan cocok untuk posisi iklan didalam ruangan (Indoor) maupun diluar ruangan (Outdoor) karena bahannya yang lebih tebal.

Gramasi yang umum dipakai 230 s/d 400 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 220c m, 250 cm, 320 cm dan 550 cm.

Penutup

Seperti telah ditulis di atas sebelumnya, pada dasarnya bahan tersebut diatas bisa di print dengan menggunakan kedua printer tersebut. Namun akan lebih maksimal dan juga tergantung dari kebutuhan penggunanya

Supplier dari bahan printing tersebut sudah banyak yang ada, terutama di kota-kota besar. Sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari bahan tersebut, kecuali mungkin pada saat stok sedang kosong.

Demikian informasi mengenai jenis bahan digital printing ini, semoga dapat membantu dan menambah wawasan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!