Mengakali Angin AC Yang Hilang Pada Ford Fiesta

AgungHN – Mungkin ada dari sebagian pengendara yang pernah merasakan kendala pada AC mobilnya. Kalau dalam kasus saya, kondisi AC normal ketika pertama kali menyalakan mobil, namun lama kelamaan angin AC mulai menghilang.

Biasanya angin AC mulai menghilang setelah beberapa jam kendaraan berjalan, sedikit demi sedikit lalu mulai hilang sama sekali. Dan hal ini sangat mengganggu sekali, apalagi disaat cuaca sedang panas-panasnya.

Hilangnya Angin AC Pada Ford Fiesta

Kendala ini saya alami pada mobil Ford Fiesta yang saya kendarai, angin AC yang perlahan-lahan mulai menghilang. Angin AC akan muncul keluar secara normal lagi setelah mobil dimatikan selama beberapa jam.

Tapi tentu tidak akan efektif jika harus mamatikan mesin selama beberapa jam, amat sangat membuang waktu sekali. Lalu saya berinisiatif untuk browsing di Google cara mengakali masalah angin AC ini.

Hampir sebagian besar mengatakan kendalanya ada pada sumbatan pada saluran angin, karena ada yang membeku. Sebelumnya saya sudah bawa ke bengkel service AC untuk membersihkan semua saluran angin sampai evaporator.

Tetapi tidak menyelesaikan masalah, karena tetap saja angin AC tersebut tidak keluar. Lalu setelah bertanya di salah satu forum online, ternyata ada cara yang sangat mudah sekali untuk memperbaikinya.

Dan ini sepertinya benar, karena setelah coba dilakukan kembali normal, dan hanya butuh waktu 5 – 10 menit saja. Dan tanpa keluar biaya sama sekali. 😀

Mengakali Angin AC Yang Hilang Pada Ford Fiesta

Jadi cara memperbaikinya ternyata mudah saja, cuma sebelumnya akan lebih baik cari tempat yang agak adem dahulu. Bukan karena agar mesin dingin, tetapi prosesnya akan lebih baik jika sambil menunggu diluar mobil.

Jadi caranya:

  • Matikan AC (tombol tulisan AC)
  • Atur angin sampai ke no. 4
  • Putar pengaturan sampai ke suhu paling panas (lihat gambar)

Setelah itu biarkan dalam kondisi tersebut selama 5 – 10 menit, sesudahnya atur kembali seperti keadaan normal. Maka angin AC akan perlahan-lahan mulai normal kembali seperti sebelumnya.

Dengan cara tersebut kondisi AC di Ford Fiesta yang saya kendarai akhirnya normal kembali. Silahkan dicoba jika ada yang mengalami kendala seperti yang saya alami.

Sekian informasi mengakali angin AC yang hilang pada Ford Fiesta, semoga dapat membantu.

Leave a Comment

error: Content is protected !!