Manfaat SSL Untuk SEO Dan Fungsinya

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer,merupakan standar teknologi keamanan website untuk melindungi data dan keamanan dari setiap pengunjung. Ciri paling mudah untuk melihat apakah website sudah menggunakan SSL atau belum adalah dengan melihat protokol websitenya.

Website yang menggunakan SSL menggunakan protokol HTTPS, bukan HTTP lagi. Dan pada browser dengan lokasi di sebelah alamat website akan terlihat icon bergambar gembok.

Lalu apakah dampak dari penggunaan SSL ini pada SEO? Lalu bagaimana cara setup secara mudah dan gratis? Berikutnya akan dibahas cara mendapatkan SSL secara gratis dan untuk melakukan setupnya.

SSL Dan Non SSL

HTTP sudah bisa dibilang kuno jika mengikuti standar pada saat ini. Meskipun ini adalah protokol standar untuk website. Namun sayangnya tingkat keamanannya sangat rentan. Seseorang dengan keahlian yang cukup bisa dengan mudah memanipulasi atau mengambil data melalui protokol tersebut.

SSL sendiri sebenarnya hanya dibutuhkan untuk website dengan data lalu lintas yang penting. Contohnya seperti ecommerce, perbankan, website database, dan sejenisnya. Kalau untuk blog atau website umum tidaklah membutuhkan SSL.

Namun pada tahun 2014 Google mengumumkan bahwa website yang menggunakan SSL akan diberikan nilai lebih untuk ranking pada hasil pencarian. Meskipun dampaknya hanya minor saja, tetapi tetap saja termasuk dalam penilaian Google.

Sehingga pada akhirnya banyak website dan blog yeng menggunakan SSL, dan tidak terbatas hanya pada website tertentu saja. Terlebih lagi juga biasanya penyedia jasa hosting memberikan fitur SSL gratis.

Jika tidak menggunakan SSL, maka otomatis protokol menjadi HTTP, yang ketika visitor menuju website akan diberikan peringatan oleh browser. Tentu ini akan merugikan, karena peringatan yang muncul adalah bahwa website tersebut tidak aman.

HTTP Warning
HTTP Warning

Manfaat SSL

Meskipun SSL memiliki dampak pada SEO, tetapi ternyata juga memiliki manfaat yang lainnya. Utamanya memang untuk keamanan pengunjung website seperti yang sudah ditulis diatas.

SSL sendiri memiliki beberapa tingkatan, kalau pada penyedia SSL berbayar ada beberapa kelas dengan biaya yang berbeda. Dan tingkat keamanannya juga berbeda, penggunaannya ini tergantung dari kebutuhan.

Lalu apakah manfaat lain dari SSL? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Perlindungan Informasi Personal

SSL adalah salah protokol yang menjaminan keamanan pengiriman informasi atau data secara online. Apalagi dengan banyakanya dan semakin aktifnya layanan ecommerce dan internet banking pada saat ini.

SSL memberikan keamanan agar visitor dapat memasukkan datanya seperti password, username, email, serta data lainnya dengan aman dan tenang.  Ini mengapa SSL penting untuk website maupun ecommerce.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pada Website

Tentu website yang kita kelola ingin dipercaya oleh visitor yang ingin masuk ke dalam website kita. Namun bagaimana jadinya ketika akan masuk ke dalam website lalu diberikaan peringatan oleh browser mengenai keamanan.

Tentu ini akan merugikan, karena sebagian besar visitor ketika melihat peringatan pada browser akan membatalkan niatnya. Mengingat sebagian besar browser sekarang ini sudah memberikan peringatan tersebut terhadap website yang tidak menggunakan SSL.

Dengan menggunakan SSL, maka peringatan pada browser tersebut tidak akan muncul. Dan ini tentu saja akan meningkatkan rasa kepercayaan dari pengunjung.

3. Meningkatkan SEO

Seperti sudah dituliskan sebelumnya, bahwa Google sendiri sudah menyatakan bahwa SSL / HTTPS termasuk ke dalam hal yang dipertimbangkan. Itu sebabnya untuk yang bermain SEO hal ini sangat penting.

Dengan menggunakan SSL meningkatkan peluang website yang kita kelola mendapatkan ranking yang tinggi pada mesin pencari. Meskipun ini hanya faktor kecil saja, tetapi tetap memiliki pengaruh.

Baca juga: Apa Itu SEO?

Cara Memasang SSL

Sekarang mayoritas penyedia jasa hosting sudah dilengkapi dengan fitur SSL gratis. Biasanya sudah akan langsung auto install pada website. Namun terkadang ada juga yang perlu dilakukan secara manual.

AutoSSL ini terdapat pada cpanel dari hosting, dan sudah langsung terpasang Biasanya akan diperbarui selama 3 bulan sekali, jadi tidak perlu repot memperbarui sendiri.

Namun kelemahannya untuk autoSSL ini adalah tidak melindungi keseluruhan elemen dari website. Sehingga terkadang pada beberapa halaman tidak muncuk icon gembok, tetapi yang muncul adalah tanda (i).

Alternatif lain dari autoSSL untuk yang gratisan adalah dengan menggunakan SSL dari SSLForFree. Namun disini harus menggunakan cara manual, karena tidak secara otomatis terinstall.

Untuk menggunakan SSLForFree ini juga mudah, tidak perlu mendaftar. Cukup mengisi nama domain yang ingin dipasang SSL, lalu kemudian tinggal ikuti saja langkah-langkahnya. Sebagai catatan, untuk melakukan hal ini harus memiliki akses kepada cpanel.

Ini hanya aktif selama beberapa bulan saja, selanjutnya harus diperpanjang lagi. Untuk memperpanjangnya menggunakan caran yang sama seperti di awal. Jadi sama seperti memasang SSL baru lagi, begitu seterusnya.

Penutup

Kesimpulan akhir untuk SSL ini menurut saya adalah penting. Terutama jika mengelola website untuk jangka panjang. Apalagi jika memang bermain SEO untuk meningkatkan ranking dan traffic.

Dan yang terpenting adalah meningkatkan rasa aman pada visitor dari website yang kita kelola. Jika memiliki budget yang cukup, ada baiknya menggunakan SSL yang berbayar. Termurahnya adalah sekitar antara 90 ribu – 135 ribu pertahunnya, sehingga tidak perlu repot memperbarui setiap 3 bulan.

Demikian artikel mengenai manfaat SSL untuk SEO ini, semoga dapat membantu dan menambah informasi.

Leave a Comment

error: Content is protected !!