Jenis Bahan Kain Yang Dapat Cetak Digital Printing

Digital printing umumnya hanya diketahui hanya banyak dimanfaatkan pada bidang advertising dan sejenisnya saja. Seperti untuk pembuatan banner, spanduk, mmt, atau sticker.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa dapat dimanfaatkan juga untuk bidang konveksi dan garment. Ada beberapa jenis bahan kain yang dapat di cetak dengan menggunakan mesin digital printing.

Pembuatan motif dan warna pada kain tidak hanya harus dilakukan secara manual saja seperti sablon atau alat cetak. Dengan printer kain akan lebih mudah dan efisien serta dengan hasil yang juga lebih baik.

Meskipun memang tetap saja ada kekurangannya, karena setiap cara pasti memiliki kemampuannya tersendiri. Printer yang sesuai untuk cetak pada bahan kain ini adalah jenis mesin digital printing sublimasi.

Kekurangan dari teknik digital printing pada bahan kain adalah hanya dapat digunakan pada bahan polyester saja. Jadi tidak dapat digunakan untuk cetak pada bahan dengan 100% katun/cotton. Hanya bisa pada bahan dengan unsur polyester.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kain yang sesuai digunakan dengan menggunakan metode digital printing.

1. Canvas Polyester

Canvas Polyester
Canvas Polyester

Ini salah satu jenis bahan yang dijadikan banyak pilihan dari para pemain tekstil yang bergerak pada bidang seni. Bahan canvas ini terbuat dari 100% polyester, serta memiliki beberapa pilihan ketebalan yang berbeda.

2. Chiffon Polyester

Bahan chiffon termasuk populer digunakan dengan metode digital printing. Bahan ini mengandung kandungan material 100% polyester, dan terlihat tipis serta tembus pandang. Biasanya bahan ini banyak diapliasikan untuk pembuatanĀ hijab, scraft, phasmina, dll.

3. Praha Polyester

Kain praha sudah umum digunakan pada bidang advertising, karena biasanya digunakan untuk umbul-umbul. Selain itu juga digunakan untuk pembuatan bendera. Ciri-ciri dari bahan ini adalah tidak kaku, tidak tebal, dan ringan. Material bahan ini yaitu 100% polyester.

4. Velvet Polyester

Velvet Polyester
Velvet Polyester

Ini adalah kain tenun tafting yang permukaannya berbulu halus dan juga rata. Untuk kain velvet yang dimaksud disini adalah yang bermaterial 100% polyester. Kain ini juga lembut dan berkilau, lebih banyak diaplikasikan untuk fashion.

5. Kain Startex

Kain startex juga masuk dalam jenis kain digital printing dengan bahan utama 100% polyester. Bahan kain ini biasanya digunakan untuk bahan kaos.

Baca juga: Sablon Digital Dengan Bahan Polyflex

6. Satin Bendera

Ini adalah kain yang ditenun dengan teknik serat filamen, sesuai dengan namanya, bahan kain ini banyak digunakan untuk pembuatan bendera. Karakteristiknya halus, mengkilap, licin, kuat, dan terbuat dari 100% polyester.

7. Kain Vanilla

Vanilla Polyester
Vanilla Polyester

Bahan kain Vanilla ini memiliki karakter yang unik. Memiliki handfeel lembut dengan permukaan sedikit berbulu. Dalam segi ketebalan, kain ini cenderung tipis dan tembus pandang. Kain yang terbuat dari 100% polyester ini cocok untuk pembuatan jilbab digital printing.

8. Mocha Polyester

Jenis kain ini memiliki kesamaan dengan kain vanilla, namun cenderung lebih tipis. Kain yang terbuat dari bahan 100% polyester ini cocok digunakan dalam pembuatan jilbab digital printing.

9. Sigma Polyester

Kain ini mepunyai karakter kaku bahkan lebih kaku dari satin bendera. Kain ini biasa digunakan untuk pembuatan bendera ataupun umbul-umbul. Termasuk yang banyak dipilih untuk digunakan.

10. Kain Sophie

Kain sophie merupakan kain yang terbuat dari bahan 100% polyester. Kain ini mempunyai karakter mengkilap disis luar (salah satu sisi), permukaan licin dan tidak terawang karena anyamannya padat. Kain ini bisa digunakan untuk pembuatan jilbab sublimasi.

11. Satin BSY

Kain BSY atau dengan nama lain Bi Shrinkage Yarn (dibaca be es wai) terbuat dari bahan 100% polyester. Finishing dari kain ini menggunakan 2 jenis polyester filamen yang berbeda sehingga menjadikan kain ini halus, lembut, dan tidak panas.

Bahkan ada yang mengatakan kain ini mirip seperti katun. Kain ini sering digunakan dalam pembuatan sarung bantal, mukena, seragam batik, lapisan selimut dan bahkan sprei.

Penutup

Untuk teknik penggunaan printer sublime sudah dituliskan pada artikel lainnya. Termasuk peralatan dan mesin apa saja yang digunakan. Kalau printer sublime sendiri sebenarnya lebih banyak digunakan pada produsen jersey.

Mungkin sekarang ini sebagian besar produsen jersey sudah menggunakan mesin printing sublimasi dalam produksinya. Baik itu untuk jersey bola ataupun lainnya.

Demikian beberapa jenis bahan kain yang dapat cetak digital printing pada bidang konveksi dan garment. Semoga dapat menambah pengetahuan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!