Bahan Flexi Untuk Banner MMT

AgungHN – Bahan flexi digunakan untuk cetak banner atau mmt yang umumnya di print dengan mesin digital printing outdoor. Jenis bahan ini sendiri ada berbagai macam ketebalan yang tersedia, dan lebar untuk 1 roll mencapai 3,2 meter.

Untuk tipe dari bahan flexi ini sendiri ada yang matte (doff), glossy, dan high glossy.

Jenis bahan yang umum digunakan yaitu:

Flexi China

Jenis bahan cetak spanduk dan banner yang satu ini memiliki permukaan yang kasar, agak tipis dan berserat. Biasanya bahan Flexi China sering dipakai untuk pembuatan spanduk outdoor.

Bahan Flexi China juga tersedia dalam berbagai gramasi tetapi biasanya yang sering dipakai dalam digital printing adalah 260 gram, 280 gram serta 340 gram. Selain bagus dan tahan lama untuk pembuatan spanduk outdoor meskipun nantinya lama kelamaan warnanya akan memudar serta retak. Bahan ini juga bagus jika digunakan untuk pembuatan spanduk indoor.

Bahan flexi China paling banyak digunakan, karena memang harga jualnya yang lebih murah.

Flexi Korea

Bahan cetak spanduk dan banner yang satu ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan Flexi China. Karena teksturnya yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan cetakan yang lebih bagus.

Dengan ketebalan yang baik tak jarang bahan ini sering dipakai untuk pembuatan media promosi baik itu spanduk maupun banner outdoor. Flexi Korea tersedia dalam gramasi antara 250 sampai 400 gram.

Flexi Jerman

Kualitas bahan ini tak perlu diragukan lagi karena terbukti lebih bagus dibandingkan bahan Flexi China dan Korea. Selain itu ketebalan Flexi Jerman sangat baik untuk pembuatan media iklan yang dipasang secara outdoor. Tetapi tak jarang bahan ini juga sering dipakai untuk pembuatan x banner indoor.

Dengan gramasi sekitar 230-400 gram membuat harga bahan ini memang lebih mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Dengan harga bahan yang cenderung mahal menjadikan bahan ini jarang disediakan di percetakan kecuali percetakan besar dan lengkap.

Tetapi kebanyakan percetakan cenderung menyediakan Flexi China dan Korea karena harganya yang terjangkau sehingga lebih terjangkau bagi konsumen.

Baca juga: Ukuran X Banner Pada Digital Printing

Harga Bahan Flexi

Bahan Flexi Murah
Flexi

Flexi China 260 gr (glossy) – Rp. 5.300,-/m2.

Flexi China 280 gr (glossy) – Rp. 5.500,-/m2

Flexi China 300 gr (glossy) – Rp. 6.000,-/m2

Flexi China 340 gr (glossy) РRp.  7.000,-/m2

Flexi Korcin 380 gr (Matte) – Rp. 8.500,-/m2

Flexi Korcin 440 gr (Matte & Glossy) – Rp. 11.500,-/m2

Ukuran lebar 3,2 meter dan panjang 70 meter. Perhitungan harga bahan flexi 1 roll: Panjang x Lebar x Harga.

Jadi jika harganya 5400 permeter persegi, dan panjang bahan 70 meter dengan lebar 3,2 meter. Maka perhitungan untuk harga jual 1 roll: 70 x 3,2 x 5300 = 1.187.200

Untuk dicatat, jika membeli bahan flexi dan dikirim melalui jasa pengiriman, maka akan terkena volume. Karena bahannya yang cukup panjang ini.

*dikutip dari berbagai sumber.

Leave a Comment

error: Content is protected !!