Apa Itu SEO? Penjelasan Optimasi Mesin Pencari

Mungkin sudah banyak yang tau kepanjangan dari SEO, yaitu Search Engine Optimization. Artinya sendiri lebih kurang adalah mengoptimalkan hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan sejenisnya.

Dan ada berbagai macam cara untuk mengoptimalkan hasil pencarian dari mesin pencari ini. Secara kasarnya adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.

Jika melakukan pencarian mengenai suatu hal, baik itu barang atau berita di search engine semacam Google. Akan muncul list atau daftar website yang berhubungan dengan pencarian yang ditulis.

Daftar website yang muncul ini tidaklah secara asal, tetapi karena setiap mesin pencari memiliki algoritma spesifik. Sehingga website yang muncul ini merupakan yang paling sesuai dengan yang dicari.

Tujuan SEO

Tujuan Dari SEO
Hasil Pencarian

Tujuan dari SEO sendiri sederhana saja, yaitu agar website yang dikelola muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian tersebut. Inilah tujuan akhir dari SEO itu, dan agar muncul pada halaman pertama ini maka perlu di optimasikan.

Dengan munculnya website yang kita kelola pada halaman pertama, maka akan meningkatkan traffic pengunjung pada website tersebut. Khusus untuk yang memiliki usaha pada bidang apapun secara online, tentu akan memperbesar peluang pendapatan.

Untuk yang menjual produk secara online sudah pasti akan membutuhkan SEO ini.

Cara Kerja SEO

Kalau cara kerja SEO juga sebenarnya tidak terlalu sulit, walaupun memang membutuhkan beberapa tahap. Karena tidak hanya asal membuat website lalu berharap muncul pada halaman pertama pada pencarian.

Secara garis besar, untuk proses kerjanya sendiri terbagi 2, yaitu onsite dan offsite SEO. Untuk kedua proses tersebut masih ada beberapa langkah cara yang harus dilakukan. Namun semua masih dapat dipelajari dengan mudah.

Onsite SEO

Onsite SEO adalah mengoptimasikan website yang dikelola atau dikerjakan. Hal ini meliputi:

  • Riset Kata Kunci – Menganalisa kata kunci yang ingin dibuat ranking, termasuk persaingannya.
  • Audit Website – Ini dalam arti melakukan pengecekan, apakah sudah terindeks mesin pencari, dan lainnya.
  • Optimasi Onsite – Memperbaiki struktur website, konten, internal link, dll.

Daftar tersebut hanyalah sebagian kecil yang harus dilakukan pada onsite SEO, hanya sebagai gambaran umum saja.

Offsite SEO

SEO Offsite
Off-page SEO

Offsite SEO mengacu pada optimasi yang dilakukan diluar website untuk meningkatkan ranking. Hal ini seperti membuat “link building” yang bertujuan untuk mendapatkan link dari website lain yang memiliki reputasi bagus.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk off-page SEO ini antara lain:

  • Promosi melalui forum
  • Social Bookmarking
  • Link Building
  • Google Bisnisku
  • Social Media
  • Review

Baca juga: Review Rank Math WordPress SEO Plugins

Kelebihan Dan Kekurangan SEO

Penggunaan SEO sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun secara keseluruhan lebih banyak segi kelebihannya dari penggunaan SEO ini.

Kelebihan SEO

  • Untuk yang memiliki usaha dan menggunakan pemasaran secara online, dapat meningkatkan peluang penjualan atau pendapatan.
  • Membuat brand lebih mudah dikenal.
  • Bisa mendatangkan pengunjung website dalam jumlah tinggi jika SEO dikerjakan dengan baik.
  • Untuk blogger, bisa membuat artikel muncul pada halaman pertama mesin pencari.
  • Dll

Kekurangan SEO

  • Membutuhkan waktu untuk membuat website memiliki ranking yang bagus, dan tidak ada jaminan untuk ini.
  • Tergantung dari keywords yang dituju, bersaing dengan banyaknya website.
  • Ada resiko website tidak terindeks pada mesin pencari jika melakukan teknik SEO yang salah.
  • Dll

Belajar SEO

Belajar SEO
Belajar SEO

Sudah banyak website yang membuat tutorial mengenai belajar SEO secara lengkap. Panduan mulai dari hal yang paling dasar hingga pengetahuan tingkat mahir. Dan banyak juga yang menyediakan pembahasan belajar SEO secara gratis.

Yangg terpenting adalah tekun dan kreatif, serta meluangkan banyak waktu untuk mempelajarinya. Kreatif ini diperlukan ketika akan membuat konten yang menarik, dan memancing orang untuk membacanya.

Saya sendiri bukanlah seorang yang ahli dalam bidang ini. Tetapi masih berniat untuk terus mempelajari teknik SEO yang benar dan tepat. Karena menurut saya ketika menguasai teknik optimasi ini, akan sangat berguna sekali, terlebih untuk jangka panjang.

Demikin pembahasan mengenai pengertian apa itu SEO? Dan penjelasan singkatnya, semoga dapat membantu. Dan mari kita sama-sama belajar.

Leave a Comment

error: Content is protected !!