13 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

AgungHN – Manfaat jahe merah untuk kesehatan sangat banyak sekali, bahkan lebih baik dibandingkan dengan jahe biasanya. Dari segi rasa, dibandingkan dengan jahe pada umumnya memiliki rasa yangg lebih pedas.

Ukuran fisik yang dimiliki tanaman rempah ini juga lebih kecil, dan berwarna kemerahan. Ditengah merenaknya virus Corona, banyak yang mencari rempah ini. Bukan sebagai obat (meskipun banyak yang mempercayai dapat menyembuhkan), tetapi untuk memperkuat daya tahan imun tubuh.

Jahe merah sendiri tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, dan mudah ditemukan. Dari segi harga jual memang lebih mahal dibandingkan dengan jahe putih pada umumnya.

Kandungan Pada Jahe Merah

Jahe merah dan jenis lainnya secara umum memiliki kandungan yang sama. Yaitu mengandung serat, karbohidrat, air, protein, lemak, vitamin, dan mineral (fosfor, kalsium, dan besi).

Selain itu, kandungan atau senyawa dalam jahe diantaranya:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B3 (niasin)
  • Vitamin C
  • Fenolik
  • Gingerol
  • Minyak Atsiri
  • Oleorosin
  • Enzim Proteolitik
  • Zingibain

Khusus untuk kandungan di dalam jahe merah, memiliki kandungan yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa yang terkandung di dalam jahe merah diantaranya:

  • Shogaol
  • Gingerol
  • Aspartic
  • Zingeron
  • Cineole
  • Minyak Atsiri
  • Capsaicin
  • Farnesene
  • Flavonoid
  • Caprylic Acid
  • Linolenic Acid
  • Gingerdione
  • Serat resin
  • Oleoresin



Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Minuman Jahe Merah
Minuman Jahe Merah

Memiliki tampilan dan cita rasa yang lebih kuat dari jahe biasa, jahe merah tentu memiliki khasiat yang lebih manjur untuk meredakan berbagai penyakit. Karena banyaknya kandungan yang dimiliki, maka pada jahe merah terdapat beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa jenis manfaat yang di dapat dari rempah ini antara lain.

1. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Jahe merah sering dijadikan pilihan pada saat mengalami gejala batuk dan sakit tenggorokan. Ini karena pada rempah ini mengandung flavonoid, yang memiliki sifat anti peradangan. Selain itu juga karena sensasi hangat ketika dikonsumsi.

Sudah secara tradisional sejak dahulu jahe merah ini digunakan sebagai pereda batuk dan sakit tenggorokan tersebut.

2. Membantu Meringankan Sakit Kepala

Jahe merah juga dapat menjadi solusi alami untuk membantu meringankan sakit kepala. Memiliki kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh, jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang.

Caranya juga mudah saja, cukup merebus jahe tersebut lalu meminum air rebusannya, maka sakit kepala akan berangsur menghilang.

3. Mampu Mengatasi Rematik

Jahe merah memiliki kandungan yang bisa mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Penyakit rematik atau asam urat dapat diatasi dengan menggunakan jahe merah.

Penderita rematik dapat rutin mengonsumsinya karena mampu meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik. Cara mendapatkan khasiat jahe merah sangat mudah, rebus rimpang jahe merah bersama dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey hingga mendidih.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe merah dapat dijadikan sebagai konsumsi pendukung bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena mampu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut akan bertahan lebih lama sehingga nafsu untuk terus menyantap sesuatu menjadi berkurang.

Meski sangat bermanfaat, tetapi perlu dicatat bahwa penderita tukak lambung akut dan heartburn tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya, karena dapat menyebabkan sensasi terbakar dalam pencernaan.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pengkonsumsi rutin jahe merah akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat karena rempah tersebut dapat melawan virus serta bakteri yang hendak menyerang sistem imunnya.

Sistem imun menjadi penentu utama bagi makhluk hidup agar menjadi lebih kebal terserang penyakit. Saat daya tahan tubuh lemah, penyakit akan lebih mudah hinggap pada seseorang.



6. Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi

Jahe merah secara tradisional juga dapat membantu mengatasi masalah disfungsi seksual. Ini berkat senyawa oleoresin dalam jahe merah yang berfungsi sebagai afrodisiak.

Penelitian pada jahe merah telah dilakukan untuk membandingkan efek afrodisiak dari minyak atsiri dan ekstrak minyak atsiri pada tikus jantan secara oral selama 32 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak atsiri dari jahe merah meningkatkan libido.

Sementara ekstrak etanol jahe merah dan bubuk jahe merah tidak meningkatkan libido dan aktivitas seksual.

7. Sebagai Antioksidan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan karena memiliki senyawa antioksidan alami. Seperti kita ketahui bahwa antioksidan bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Terlalu sering terpapar radikal bebas dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk penuaan dini, rambut rontok, katarak, penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, dan kanker.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan dalam jahe merah sangat banyak dan sangat berguna untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya adalah kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam darah akan menghambat aliran darah.

Salah satu manfaat jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang.

Jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

9. Untuk Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Berbagai masalah kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi jahe mera. Bahkan, infeksi dan juga luka yang ada pada lambung dapat disembuhkan dengan jahe merah.

Jahe merah dipercaya mampu menjaga jumlah asam dalam lambung agar tetap stabil. Dengan stabilnya kandungan asam dalam lambung, rasa mual serta keinginan untuk muntah dapat dikurangi.

10. Mengatasi Peradangan

Jahe merah adalah salah satu obat alami yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia, baik untuk minuman tradisional maupun untuk pengobatan. salah satu pengobatannya adalah untuk mengatasi peradangan.

Rimpang jahe merah diketahui mengandung senyawa fenol termasuk gingerol dan shogaol. Gingerol memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan terbesar dibandingkan dengan gingerol lainnya.

11. Membanntu Penderitas Asma dan Sesak Nafas

Khasiat lain dari jahe merah adalah meredakan dan mengobati penyakit asma atau sesak napas. Memiliki kandungan minyak atsiri sangat tinggi, jahe merah dapat menjadi sahabat terbaik bagi penderita penyakit pernapasan tersebut.

Bagi yang belum tahu, kandungan minyak atsiri pada jahe merah mampu melegakan saluran pernapasan. Kandungan tersebutlah yang dapat menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti sesak napas atau asma.

Sangat mudah, saat penyakit asma si penderita kambuh, jahe merah dapat langsung direbus hingga mendidih. Kemudian, air rebusan tersebut dibiarkan hingga hangat dan diberikan kepada penderita sesak napas. Setelah meminumnya, tak butuh waktu lama penyakit sesak napas yang diderita akan segera terasa lega.



12. Menghilangkan Jerawat

Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan jahe merah sangat mudah. Jahe yang telah dibersihkan cukup dipijatkan pada wajah secara perlahan dan kemudian tutup seluruh wajah dengan irisan jahe merah.

13. Mengurangi Resiko Terkena Radang Usus

Masih berhubungan dengan saluran pencernaan, khasiat meminum rebusan jahe merah juga dapat membantu risiko terkena radang usus menjadi berkurang. Penyebabnya adalah jahe merah memiliki kandungan zat zingeron yang aktif menghambat enzim yang menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan.

Jadi, biasakan untuk menjadikan jahe merah sebagai konsumsi tiap hari agar kesehatan usus terjaga.

Sensasi Konsumsi Jahe Merah

Menu Jahe Merah
Menu

Saya sendiri akhir-akhir ini cukup sering mengkonsumsi minuman jahe merah. Karena kebetulan di dekat tempat saya tinggal ada yang menjual minuman jahe merah yang dicampur dengan madu, dan telur.

Manfaat jahe merah yang saya rasakan sendiri yakni tubuh terasa lebih fit. Kebiasaan saya meminum setiap malam, dan sudah berlangsung selama beberapa minggu. Keesokan harinya tubuh terasa cukup segar.

Terlebih pada saat sedang merebaknya virus Corona sekarang ini, manfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sangat diperlukan. Dan ini terdapat dalam kandungan jahe merah.

Sensasi rasa hangat di badan ketika meminum minuman jahe merah ini sangat terasa. Apalagi jika saat kondisi cuaca yang agak dingin, sangat terasa sekali.

Demikian informasi mengenai 13 manfaat jahe merah untuk kesehatan ini, semoga dapat menambah informasi.

*dikutip dari berbagai sumber

Leave a Comment

error: Content is protected !!