10 Istilah Umum Pada Google Adwords

AgungHN – Jika baru akan memasang iklan pada Google Adwords, akan ditemui beberapa istilah baru yang mungkin tidak familiar. Dengan memahami dan mengerti istilah yang ada, dapat membantu memaksimalkan iklan yang akan anda pasang.

10 Istilah Umum Pada Google Adwords
Google Adwords

Berikut adalah 10 istilah umum pada Google Adwords yang ada:

Keyword

Keyword adalah kata kunci yang berfungsi untuk menunjukkan iklan atau target iklan anda. Sebagai contoh, jika anda menyediakan jasa perbaikan AC, maka bisa menggunakan keyword “jasa perbaikan AC”, atau sejenisnya. Sehingga jika ada yang membutuhkan jasa tersebut dan mencari di Google, maka iklan anda dapat muncul.

Placement

Ini adalah pilihan website untuk menempatkan iklan anda, namun hanya berlaku pada Display Advertising. Sebagai contoh, jika anda memilih website https://agunghn.com/ maka iklan anda akan tampil pada website tersebut.

Image ad

Kalau untuk ini merupakan iklan dalam bentuk gambar, baik itu animasi atau gambar statik (diam), dan juga hanya berlaku pada Display Advertising.

Campaign & Ad Group

Iklan yang ada pada Google Adwords akan terhimpun dalam Campaign dan Ad Group. Pada Campaign ini dapat menentukan budget perhari serta target bahasa dan geografis (wilayah). Dan pada Campaign ini juga dibuat beberapa Ad Group, yang masing-masing mempunyai daftar keyword yang saling berhubungan.

Impression (Impr.) 

Nilai yang tertera pada Impression (Impr.) menunjukkan berapa kali iklan yang anda buat ditayangkan oleh Google.

Click

Angka yang tertera pada Click menandakan sudah berapa kali iklan anda di klik pada saat ditampilkan oleh Google.

Clickthrough Rate (CTR)

Clickthrough rate (CTR) adalah rasio antara click dengan impression, di dapat dengan perhitungan (click/impression) x 100%. Contoh, jika iklan anda tayang 100 kali dan mendapatkan 20 klik maka nilai CTR nya adalah 20%. CTR dapat dijadikan indikator apakah iklan anda relevan dengan kata kunci yang dicari oleh seseorang.



Cost-per-click (CPC)

Metode pembayaran yang harus anda bayarkan, jadi hanya akan dikenai biaya jika iklan anda di klik, jika hanya tayang tidak terkena biaya. CPC bidding adalah model yang paling sering digunakan oleh pemasang iklan di Google Adwords.

Maximum cost-per-click (maximum CPC)
Adalah harga maksimum yang ingin anda bayar untuk setiap klik. Google menentukan peringkat berdasarkan sistem Auction (lelang) dan maksimum CPC yang anda pasang adalah salah satu poin yang mempengaruhi peringkat iklan.

Cost-per-thousand impressions (CPM)

Pembayaran hanya dibayarkan untuk setiap 1.000 kali penayangan iklan, hanya berlaku untuk Display Advertising.

Quality Score

Quality score yaitu ukuran kualitas keyword dari iklan Anda. Quality score ini memengaruhi besaran CPC yang Anda bayarkan. Jadi semakin tinggi quality scorenya maka Anda akan mendapat CPC yang lebih rendah dan peringkat iklan yang tinggi.

Demikian informasi mengenai 10 istilah umum pada Google Adwords, semoga dapat membantu.

Leave a Comment

error: Content is protected !!